BiSNIS PULSA

            PULSA ELEKTRIK
      “SANUR CELL”

  








       Rencana Produk
Produk yang akan dijual dalam usaha ini adalah pulsa electrik nominal mulai dari 1.000 hingga 100.000 dari berbagai operator seluler di Indonesia seperti: XL, ESIA, SMARTFREN, INDOSAT, STARONE, FLEXI, TELKOMSEL, AXIS, CERIA, DAN THREE.

Waktu Pelaksanaan
Pelayanan kepada konsumen dapat dilakukan setiap hari mulai dari pukul 06.00 – 21.30 WIB, tetapi pemesanan pulsa sebelum/sesudah jam layanan akan dilayani walaupun tidak secepat jam pelayanan konsumen.

Peralatan Usaha
Dalam usaha pulsa elektrik ini peralatan yang dibutuhkan untuk operasional adalah sebagai berikut:
a.    Telepon Genggam/HP
b.    Buku
c.    Alat Tulis

Proses Penyediaan Produk 
Pengadaan produk dalam hal ini bekerjasama dengan penyedia deposit pulsa (pemasok) yaitu “Dunia Voucher”. Kemudian pemasok akan memberikan ID kepada pengusaha. Pada saat pengadaan produk, pengusaha akan mendepositkan sejumlah uang kemudian pemasok akan mengirimkan deposit pulsa ke ID pengusaha.
Pendepositan pulsa dilakukan setiap 3 hari sekali ( 10 kali dalam Sebulan) agar dalam melayani penjualan pulsa dapat dilakukan secara maksimal. Dan jika jumlah penjualan setiap bulan meningkat maka pendepositan pulsa jumlahnya akan ditambah.
A.   Aspek Pemasaran
1.    Segmen Pasar
Konsumen yang dituju adalah masyarakat yang menggunakan  telepon genggam. Daerah pemasarannya adalah daerah sekitar tempat usaha.
2.    Strategi Pemasaran
Cara penjualan yang dilayani adalah dengan cara penjualan langsung dan secara pesanan. Penjualan langsung dilakukan dengan cara pembeli datang langsung kepada pengusaha. Sedangkan penjualan secara pesanan yaitu dengan cara pembeli cukup memesan pulsa melalui sms sehingga pembeli tidak perlu datang menemui pengusaha. Cara ini memudahkan konsumen dalam membeli pulsa jika tidak dimungkinkan untuk menemui pengusaha. Namun cara pesanan ini hanya  berlaku bagi konsumen yang berlangganan dan sudah diketahui identitasnya secara jelas.
3.    Promosi
Promosi yang dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut dan melakukan promosi langsung kepada konsumen.
4.    Penetapan Harga
Untuk menetapkan harga, diperlukan beberapa aspek yang digunakan sebagai dasar dalam menetapkan harga antara lain:
Aspek Pesaing
Cara menetapkan harga berdasarkan aspek ini adalah dengan melakukan penelitian harga yang digunakan oleh pesaing. Agar produk yang dijual dapat laku maka harga dibuat lebih murah atau sebanding dengan harga pesaing/harga pasaran.
Aspek Harga Pokok
Pengusaha menentukan harga pokok produk berdasarkan harga produk tersebut dari pemasok.
Aspek Biaya
Selain aspek – aspek yang telah disebutkan diatas, perlu diperhatikan tentang aspek biaya. Hal ini sangat penting karena biaya juga merupakan pengeluaran yang perlu diperhatikan untuk menentukan harga pokok dan laba/rugi suatu usaha.

B.   Aspek Organisasi dan Manajemen
1.    Tim Manajemen
Dalam usaha ini pengusaha tidak membentuk tim manajemen karena dalam mengelola usaha ini hanya dikelola oleh satu orang saja.
2.    Jenis dan Volume Pekerjaan
Jenis pekerjaan yang dilakukan dalam usaha ini adalah penjualan pulsa.
Jenis volume kerja adalah melakukan penjualan, pemasaran dan meningkatkan pelayanan prima tehadap konsumen dan/atau calon konsumen.
3.    Masalah dan Hambatan yang Potensial dalam Usaha
a.    Munculnya pesaing - pesaing baru
b.    Keterlambatan pembayaran dari pelanggan yang membeli pulsa secara pesanan
c.    Stok pulsa yang sering habis.
4.    Rencana Penyelesaian Masalah
a.    Meningkatkan pelayanan kepada konsumen agar konsumen tidak berpindah ke pesaing.
b.    Menerapkan system batas waktu pembayaran dan bagi pelanggan yang belum melunasi pembayaran sampai batas waktu yang ditetapkan maka diberikan peringatan/pemberitahuan untuk membayar.
c..    Melakukan pengecekan saldo pulsa setiap telah melakukan transaksi agar dapat diketahui jika saldo mulai menipis kemudian melakukan pengisian ulang.
C.   ASPEK YURIDIS
1.    Status dan Kepemilikan Usaha
Usaha yang saya jalankan ini adalah usaha perseorangan yang saya miliki dengan sumber modal dari saya sendiri karena dalam usaha ini tidak ada kerjasama dengan pihak lain.
2.    Bentuk Usaha
Pada permulaan usaha penjualan pulsa elektrik ini merupaka usaha perseorangan berskala kecil. Namun apabila usaha penjualan ini semakin berkembang maka saya berencana untuk mengembangkan usaha ini dengan membuka cabang baru

Komentar

Postingan Populer